Uniflor

Sejarah Universitas Flores

Universitas Flores (UNIFLOR) merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi yang berbentuk Universitas di Kabupaten Ende Propinsi Nusa Tenggara Timur. Universitas ini merupakan satu Lembaga Pendidikan Tinggi yang pertama di Pulau Flores. Sejak berdirinya dan setelah menapaki usia 30 Tahun, terlihat hingga kini tetap eksis menampilkan jati diri sebagai lembaga ilmiah yang ditandai kemandirian dalam membangun sumber daya insani secara bersistem, terencana dan terarah.

Jika menapaki jejak perjalanannya, dengan berpaling pada aspek sejarah, sesungguhnya Universitas Flores memiliki pertalian sejarah yang sangat kuat dengan Fakultas Keguruan (FK) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Cabang Kupang di Ende, yang mencikalbakali lahirnya Universitas Flores ini.

Universitas Nusa Cendana Cabang Ende telah menaburkan benih edukatif, dengan produktivitas sumber daya insani terutama tenaga edukatif (guru) dari tahun ke tahun meningkat. Namun, korban rasionalitas, dengan kebijakan bahwa setiap perguruan tinggi negeri tidak diperkenankan membuka cabang-cabangnya, maka FK dan FIP Undana cabang Ende ditutup dengan tidak menerima mahasiswa baru pada tahun 1980. Kebijakan  ini memupuskan harapan sebagian besar lulusan SMTA di pulau Flores yang ingin mengenyam pendidikan tinggi.

Realitas inilah yang kemudian memijaki Bapak H.J. Gadi Djou, Drs. Ekon (Bupati Kepala Daerah tingkat II Ende saat itu), memprakarsai mendirikan sebuah perguruan tinggi swasta, yang diawali dengan mengadakan rapat bersama dengan MUSPIDA, ABRI, Tokoh–tokoh Masyarakat, Para Alim Ulama, dan para Cendekiawan pada tanggal 19 Juli 1980. Rapat tersebut menyepakati didirikan sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Ende yang diberi nama Universitas Flores.

Tanggal 19 Juli 1980 tersebut merupakan momentum bersejarah yang menandai lahirnya Universitas Flores sebagai solusi menjawab derasnya arus lulusan SMTA se-pulau Flores (2000–3000 siswa/tahun) yang tidak dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luarpulau Flores. Dalam kaitan dengan ini, yang dibidik pertama–tama adalah pendidikan Keguran dan Hukum, sebagai obsesi keilmuan yang ditandai dengan dibukanya Fakultas Keguruan (FK), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP ) dan Fakultas Hukum (FH).

Tanggal 1 Februari 1982 dengan surat keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Flores (YAPERTIF) Nomor: 1/Kep/YAPERTIF/E/1982, FK dan FIP diintegrasi ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Selanjutnya dengan surat keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Universitas Flores (YAPERTIF) Nomor: 5/Kep/Yapertif/E/1982, tanggal 28 Juli 1982, dibuka Fakultas Teknik dengan jurusan Teknik Sipil. Universitas Flores sendiri baru memiliki status diakui berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor: 242/DIKTI/Kep/1993 tanggal 1 Mei 1993.

Fakultas Ekonomi dibuka berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 39/Dikti/Kep/1998 tanggal 11 Februari 1998 dengan dua Jurusan/Program Studi yaitu Program Studi Manajemen dan Akuntansi. Selanjutnya berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 26/DIKTI/Kep/2000 tanggal 10 Agustus 2000 dibuka Program studi Ekonomi Pembangunan dengan status terdaftar pada Fakultas Ekonomi.

Selanjutnya dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 2602/DIKTI/2001 tanggal 6 Agustus 2001 memberi ijin peneyelengaraan PGSD jenjang Diploma II pada Universitas Flores. Selanjutnya pula dengan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 1598/D/T/2002 tanggal 2 Agustus 2002 memberi ijin penyelenggaraan Fakultas Bahasa dan Sastra Program Studi Sastra Inggris dan program studi Fisika pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Tanggal 25 Desember 2005 Universitas mendapat surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tingi Nomor: 4143/D/T/2005 memberi izin penyelenggaraan Fakultas Pertaian dan Prgoram Studi Arsitek pada Fakultas Teknik Universitas Flores.

Lambang Universitas Flores dan Maknanya

1.      Lambang atau Logo Universitas Flores

Berbentuk bulat dengan warna biru yang melambangkan kebulatan tekad dalam memperjuangkan masa depan yang cerah demi tercapainya manusia yang utuh.

2.      Makna Lambang Universitas Flores tersebut adalah :

a)      Dua utas rantai yang menghubungkan tulisan Universitas Flores dan Ende adalah lambang persatuan dalam mencapai masyarakat adil dan makmur melalui dua bidang yakni material dan spiritual secara terpadu dan tak terpisahkan.

b)      Buku yang terbuka adalah lambang dunia ilmu pengetahuan

c)      Burung hantu adalah lambang kebijaksanaan sebagai hasil yang dicapai dari segala usaha manusia dalam menuntut berbagai ilmu pengetahuan.

d)      Bunga teratai dengan lima kelopak melambangkan lima sila dalam Pancasila

e)      Bintang di tengah tengah melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini menandakan bahwa Universitas Flores memiliki Pancasila sebagai landasan Idiilnya dan UUD 45 sebagai landasan konstitusionalnya.

f)        Padi dan Kapas melambangkan masyarakat adil dan makmur.

Visi, Misi dan Tujuan Universitas Flores

a)      Visi Universitas Flores

Mengembangkan Universitas Flores menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam pemberdayaan civitas akademika dan masyarakat yang berwawasan, menguasai IPTEK, berbudaya dan beradab.

b)      Misi Universitas Flores

Mengembangkan kecakapan dan kemampuan civitas akademika serta masyarakat melalu kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

c)      Tujuan Universitas Flores

Tujuan Universitas Flores adalah: menghasilkan warga Negara yang berkualifikasi sebagai berikut:

    1. Berjiwa Pancasila
    2. Memiliki Integritas Kepribadian yang tingi
    3. Bersikap terbuka serta tanggap terhadap perubahan,kemajuan serta masalah – masalah kemasyarakatan
    4. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiikinya
    5. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir dan bertindak sebagai ilmuwan
    6. Bersikap Inovatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s