Kegiatan Bulan Agustus 2011

Memasuki minggu ke-2 bulan Agustus tahun 2011, Universitas Flores menyelenggarakan kegiatan Orientasi Pendidikan yang melibatkan 1800an calon mahasiswa sebagai peserta, Seperti tahun sebelumnya, kegiatan Ordik tahun ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama yang berlangsung tanggal 15-20 Agustus 2011 diikuti 1024 peserta dan Gelombang ke-2 yang berlangsung tanggal 22-26 Agustus 2011 diikuti oleh 850 peserta,

Kegiatan Orientasi Pendidikan sendiri merupakan kegiatan akademik yang sangat penting bagi para calon mahasiswa sebagai ajang pengenalan sekaligus kesempatan beradaptasi dengan iklim kehidupan akademis di Universitas Flores. Menyadari pentingnya Orientasi Pendidikan bagi para calon mahasiswa itu, Rektor Universitas Flores melalui SK nomor 23 tahun 2011 yang ditetapkan di Ende tanggal 5 Agustus 2011 melibatkan 106 dosen maupun karyawan untuk membantu pelaksanaan Ordik secara teknis sebagai panitia pelaksana. Jabatan Ketua Panitia Pelaksana dipercayakan kepada Bapak Alfons Sakura,S.H.M.H dan Wakil Ketua Panitia Pelaksana dipercayakan kepada Bapak Paulinus Seda,S.H.,M.H.

Dibawah koordinasi Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan Ordik Gelombang Pertama telah sukses diselenggarakan. Upacara Pembukaan yang digelar tanggal 15 Agustus 2011 dan dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Flores, Fransiskus Badhe,S.H.,M.H, diikuti oleh seluruh peserta dan panitia dengan khidmat.

Selepas Upacara pembukaan, pada hari pertama kegiatan Orientasi pendidikan, peserta dibekali dengan beberapa materi diantaranya :
• Pendidikan Tinggi di Indonesia yang disampaikan oleh Rektor Universitas Flores. Materi ini secara khusus disampaikan agar calon Mahasiswa Baru dapat mengetahui seperti apa sistem pendidikan tinggi yang diberlakukan di Indonesia.
• Kegiatan Akademik di Perguruan TInggi disampaikan oleh Pembantu Rektor 1 Universitas Flores, Bapak Sabulon Sayang,S.E.,M.SA.
Dalam pemaparan materinya, Pembantu Rektor 1 Universitas Flores menjelaskan secara mendetail proses kegiatan akademik yang akan dilalui oleh Mahasiswa di Universitas Flores selama para mahasiswa menuntut ilmu.
• Administrasi Keuangan dan Struktur Organisasi Universitas Flores disampaikan oleh Christiana Sri Murni,S.H.,M.H.
Selain proses kegiatan akademik yang sudah pasti harus dilewati oleh mahasiswa setiap tahunnya. Mahasiswa juga tidak lepas dari tanggungjawab untuk membereskan administrasi keuangan. Hal ini yang menjadi fokus penjelasan oleh Pembantu Rektor 2 Universitas Flores. Dalam kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan Struktur Organisasi Universitas Flores beserta kewenangan dan fungsinya masing-masing.

Selanjutnya, hari ke-2 pelaksanaan Ordik Gelombang 1 tahun 2011, tanggal 16 Agustus 2011, peserta dibekali dengan materi :

• Organisasi dan Kegiatan Kemahasiswaan disampaikan oleh Pembantu Rektor 3 Universitas Flores, Bapak Willybrodus Lanamana,SE.,MMA
• Pancasila dan UUD 1945 disampaikan oleh Drs. Abdurrahman Aroeboesman. Fokus dari penyampaian materi ini adalah menanamkan kembali nilai-nilai unggul dari Pancasila dan UUD 1945 sehingga peserta dapat memperoleh pemahaman yang benar tentang penerapan Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat.
• Pengenalan Nilai budaya, Tata Krama, dan Etika keilmuan disampaikan oleh DR. Laurentius Dominicus Gadi Djou,SE.,M.Si.Akt.
Materi ini merupakan materi yang paling luas cakupannya karena tidak saja menjelaskan etika keilmuan, namun juga mengenalkan nilai budaya dan tata krama yang sangat berkaitan dengan kesesuaian antara pemahaman seorang individu dengan nilai-nilai yang dianut oleh lingkungannya. Diharapkan dengan penjelasan dari pemateri, para mahasiswa dapat memiliki pandangan yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh Universitas Flores sehingga nantinya dapat beradaptasi dengan baik dalam kegiatan perkuliahan.

• Tertib Lalu lintas disampaikan oleh Kasatlantas Polres Ende.

• Wawasan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika disampaikan oleh Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Ende.

Pada hari ke-3 pelaksanaan Ordik Gelombang 1, Rabu – 17 Agustus 2011 yang bertepatan dengan HUT Proklamasi RI ke-66, Panitia menyelenggarakan kegiatan perlombaan untuk peserta dalam rangka Pesta Kemerdekaan. Beberapa games yang umum diselenggarakan pada perayaan 17 Agustus seperti lari karung, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang cukup menarik minat mahasiswa untuk berpartisipasi didalamnya terbukti dari jumlah peserta yang cukup banyak,

Selepas games, peserta ORDIK kemudian diserahkan kepada Fakultas masing-masing untuk mengikuti kegiatan ORDIK di Fakultas selama sehari penuh pada tanggal 18 Agustus 2011.

Hari ke-5 pelaksanaan ORDIK gelombang 1, Jumat 19 Agustus 2011, peserta dibekali dengan materi :

• Persiapan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi disampaikan oleh DR. Natsir Kotten.
Materi ini difokuskan pada kualitas apa yang dibutuhkan oleh seorang Mahasiswa agar Sukses selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.
• Layanan Mahasiswa ( SIA – Sistem Informasi Akademik ) disampaikan oleh Ferdinandus Lidang Witi, S. E., M.Kom.
Dalam sesi ini, pemateri menyampaikan informasi seputar sistem online yang diberlakukan di Universitas Flores dalam pelayanan informasi akademik.
• Kejahatan Penyalahgunaan Narkotika disampaikan oleh Alfons Sakura,S.H.,M.H
Penyampaian materi difokuskan pada resiko yang diperoleh oleh pemakai Narkoba ditinjau dari aspek hukum pidana yang berlaku.
• Kuliah Umum oleh Prof.DR. Stephanus Djawanai,MA.,Ph.D

Hari terakhir pelaksanaan Ordik Gelombang pertama ( Sabtu, 20 Agustus 2011 ) diisi dengan kegiatan gladi bersih kesenian yang akan dipentaskan oleh masing-masing peserta mewakili Fakultasnya pada malam penutupan ORDIK yang akan digelar pada hari Sabtu, 26 Agustus 2011.

Setelah kegiatan ORDIK gelombang pertama berakhir, panitia kembali disibukkan dengan kegiatan ORDIK gelombang ke-2 yang diikuti 850 peserta. Kegiatan yang dimulai pada Selasa, 22 Agustus 2011 dan berakhir tanggal 26 Agustus dalam upacara penutupan akbar ini memiliki jadwal acara yang tidak jauh berbeda dengan susunan acara gelombang sebelumnya. Peserta masih dibekali dengan materi oleh pembicara yang sama yaitu : ( lihat jadwal acara,red)

Dengan melihat jadwal acara yang ada, mesti diakui bahwa kegiatan ORDIK ini cukup melelahkan, tidak saja bagi peserta namun juga panitia yang sudah bekerja ekstra keras dalam rangka menyukseskan ORDIK. Namun tentunya seluruh kerja keras itu terbayar dengan pengetahuan baru yang diperoleh para calon mahasiswa Universitas Flores tentang kehidupan kampus. Kemampuan mahasiswa baru beradaptasi dan memahami sistem akademik, iklim kehidupan kampus dan etika kehidupan bersama di Universitas Flores merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para panitia yang telah bekerja sepanjang pelaksanaan ORDIK ini. Semoga kegiatan ORDIK gelombang kedua dan Upacara penutupan yang akan digelar tanggal 26 Agustus 2011 nanti dapat berlangsung dengan sukses dan meriah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: