Universitaria; Penerbitan Majalah dan Jurnal di Universitas Flores

PENERBITAN MAJALAH DAN JURNAL

DI UNIVERSITAS FLORES

(Materi Universitaria di RRI Ende, 6 April 2011)

 

  1. A. Penerbitan Tingkat Universitas
    1. Majalah Ilmiah Indikator. Majalah ini terbit dua kali dalam setahun, setiap Maret dan September. Majalah ini terbit pertama kali pada Maret 2001 dengan nama Majalah Ilmiah Universitas Flores. Nama ini bertahan sampai dengan bulan Maret 2008. Mulai September 2008 sampai dengan saat ini nama majalah universitas ini adalah Majalah Ilmiah Indikator. Bulan September 2010, Majalah Ilmiah Indikator genap berusia 10 tahun dan telah menerbitkan 20 nomor majalah. Edisi bulan Maret 2011 Majalah Ilmiah Indikator memasuki usianya yang ke-11 dengan perubahan yang cukup besar.
    2. Tabloid Suara Uniflor. Tabloid ini terbit tidak teratur dengan berbagai kendala teknis. Terbit pertama kali Februari 2007, kemudian Oktober 2007, April 2008, dan Januari 2010.
    3. B. Penerbitan Tingkat Fakultas (Jurnal)
      1. FKIP, Jurnal Profil. Jurnal ini sampai sejauh ini sudah terbit 3 edisi/nomor, yakni  edisi Maret 2007, Maret 2008, dan Maret 2009.
      2. Fakultas Ekonomi, Jurnal Analisis. Jurnal ini sampai sejauh ini sudah terbit 2 edisi/nomor, yakni edisi Juli 2006 dan Februari 2007.
      3. Fakultas Teknik, Jurnal Teknosiar. Jurnal ini sampai sejauh ini sudah terbit 2 edisi/nomor, yakni edisi April 2007 dan April 2009.
      4. Fakultas Pertanian, Jurnal Agrica. Jurnal ini sampai sejauh ini sudah terbit 4 edisi/nomor, yakni edisi Juni 2008, Desember 2008, Juni 2009, dan Desember 2009.
      5. Fakultas Hukum, Jurnal ….
      6. C. Penerbitan Tingakat Program Studi (Jurnal)

Sampai sejauh ini, dari 14 Program Studi di Universitas Flores  belum ada yang menerbitkan majalah ilmiah atau jurnal ilmiah. Kita harapkan ke depan setiap program studi bisa mengusahakannya.

  1. D. Majalah Ilmiah Indikator

Majalah Ilmiah Indikator adalah majalah tingkat universitas yang  kami terbitkan di Lembaga Publikasi Universitas Flores. Seperti telah disinggung di atas bahwa majalah ini terbit dua kali dalam setahun, setiap Maret dan September. Terbit pertama kali pada Maret 2001 dengan nama Majalah Ilmiah Universitas Flores. Nama ini bertahan sampai dengan bulan Maret 2008. Mulai September 2008 sampai dengan saat ini nama majalah berubah menjadi Majalah Ilmiah Indikator. Penggantian nama ini berdasarkan catatan koreksi Tim Penilai Akreditasi Berkala Ilmiah, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional pada Agustus 2008, pada waktu pengelola majalah ini berkonsultasi dengan Tim Akreditasi tersebut.

Bulan September 2010, Majalah Ilmiah Indikator genap berusia 10 tahun dan telah menerbitkan 20 nomor majalah. Ditambah dengan edisi Maret 2011, sudah terbit 21 nomor majalah ini. Edisi bulan Maret 2011 yang diluncurkan pada 10 Maret 2011 yang lalu, Majalah Ilmiah Indikator memasuki usianya yang ke-11.

Ada sesuatu yang baru pada penampilan Majalah Ilmiah Indikator edisi bulan Maret ini. Selain format  majalah menjadi lebih besar, juga penataan perwajahan dan lay out artikel-artikel yang termuat di dalamnya, mengalami perubahan yang cukup besar dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya.

Perubahan yang terjadi ini merupakan pembenahan bertahap dalam rangka meningkatkan kualitas penampilan fisik dan kualitas pengelolaan/manajemen majalah  ini sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 11/Dikti/Kep/2006 tentang Panduan Akreditasi Berkala Ilmiah. Selain itu, pembenahan bertahap ini juga merupakan tindak lanjut catatan koreksi terhadap majalah ini yang dilakukan oleh Tim Penilai Berkala Ilmiah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yang dilakukan pada Agustus 2008.

Majalah ilmiah ini telah mengalami perjalanan panjang dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Edisi perdana Maret 2001 menggunakan nama Majalah Ilmiah Universitas Flores dengan format yang agak besar tetapi tipis, beredar untuk kalangan internal Universitas Flores. Mulai edisi Agustus 2008 sampai dengan edisi 2009 dan 2010,  nama majalah diubah menjadi Majalah Ilmiah Indikator dengan format agak kecil dan juga beredar terbatas untuk kalangan internal Universitas Flores.

Memasuki usianya yang ke-11 pada Maret 2011 ini, Majalah Ilmiah Indikator mengalami perubahan yang cukup besar. Struktur dan personalia pengelola majalah mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku.  Mulai edisi Maret 2011 ini pula majalah ini menjadi majalah ilmiah untuk umum (semua kalangan), bukan lagi terbatas pada kalangan internal Universitas Flores.

Kami mengajak para dosen, peneliti, pemikir, cendekiawan, dan budayawan dari berbagai disiplin ilmu untuk mengisi majalah ini dengan artikel-artikel ilmiah berbobiot,  baik dari kalangan Universitas Flores maupun dari luar Universitas Flores, seperti perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga pemerintah, dan lembaga swasta.

  1. E. Pedoman Penulisan Artikel Majalah Ilmiah Indikator
  2. Naskah artikel ilmiah yang diterima berupa hasil penelitian ilmiah (penelitian lapangan), gagasan konseptual, kajian teoretis dan aplikasi teori,  tinjauan kepustakaan, resensi buku baru, dan artikel ilmiah lainnya,  baik dari para dosen dan peneliti di kalangan Universitas Flores maupun dari luar Universitas Flores, seperti perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga pemerintah, dan lembaga swasta. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar atau bahasa Inggris, menggunakan ragam bahasa ilmiah  yang belum pernah dipublikasikan pada media lain.
  3. Panjang naskah artikel ilmiah 10-15  halaman,  menggunakan kertas A4 70 gram ukuran 21×29,7 cm. Diketik menggunakan Program MS Words dengan jarak 1,5 spasi, margin  pada sisi kiri 3 cm, pada sisi kanan, atas, dan bawah 2 cm. Nomor halaman artikel ditempatkan pada halaman bawah sebelah kanan.
  4. Judul artikel ilmiah diusahakan spesifik dan efektif, menggunakan jenis huruf Times News Roman (TNR) 14 kapital tebal (bold), teks subjudul menggunakan huruf TNR 12 kapital tebal, sedangkan teks artikel menggunakan huruf TNR 12. Panjang judul artikel  tidak boleh lebih dari 14 kata dalam bahasa Indonesia dan 10 kata dalam bahasa Inggris.
  5. Nama penulis artikel ilmiah tanpa gelar akademis apapun, disertai  alamat lembaga tempat penulis bekerja/penelitian, berikut alamat korespondensi/nomor kontak  berupa e-mail dan nomor telepon.
  6. Abstrak setiap artikel ilmiah disusun dalam satu paragraf utuh dengan panjang 130-150 kata,  menggunakan huruf miring (kursif) yang menggambarkan esensi isi (intisari) artikel. Artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia, abstrak dalam bahasa Inggris, artikel dalam bahasa Inggris, abstrak dalam bahasa Indonesia.
  7. Kata kunci (key words) dicantumkan langsung setelah abstrak, berupa 3-5 kata kunci.    Kata kunci mencerminkan konsep dasar/inti yang terkandung dalam artikel guna membantu keteraksesan artikel.
  8. Organisasi atau sistematika penulisan artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian ilmiah  (penelitian lapangan) adalah:  judul artikel, nama penulis, abstrak, kata kunci, subjudul pendahuluan, subjudul metode, subjudul hasil dan pembahasan, subjudul kesimpulan, dan daftar pustaka. Organisasi naskah artikel selain hasil penelitian ilmiah (gagasan konseptual, kajian teoretis dan aplikasi teori,  tinjauan kepustakaan, resensi buku baru,  dan artikel ilmiah lainnya)  adalah:  judul artikel, nama penulis, abstrak, kata kunci, subjudul pendahuluan, subjudul-subjudul lain (sesuai kebutuhan), subjudul kesimpulan, dan daftar pustaka.
  9. Kutipan langsung dan tidak langsung dari narasumber (bahan pustaka) penulisannya diintegrasikan langsung dengan teks artikel, yakni dibuat dalam tanda kurung ditempatkan nama singkat penulis, tahun terbit bahan pustaka, dan halaman bahan pustaka sebagai halaman sumber kutipan.

9. Artikel ilmiah yang menyertakan catatan akhir (bukan catatan kaki), catatan akhir         ditempatkan pada bagian akhir teks artikel sebelum daftar pustaka. Nomor penunjukan catatan akhir harus sama dengan nomor penunjukan yang tercantum   dalam teks artikel.

10. Daftar Pustaka mengutamakan pustaka primer yang relevan dan mutakhir (terbitan 10    tahun terakhir)  ditulis dalam urutan abjad secara kronologis, dengan ketentuan penulisan Daftar Pustaka  (menggunakan Sistem Harvard),  sebagai berikut.

(a)  Untuk buku: nama penulis  yang dibalik, tahun terbit buku, judul buku yang ditulis           dengan huruf miring, kota tempat penerbit, dan nama penerbit buku;

(b) Untuk artikel dalam buku antologi/bunga rampai: nama penulis yang dibalik, tahun terbit buku, judul  artikel yang diapit dengan tanda petik, nama editor buku, judul buku yang ditulis dengan huruf miring, kota tempat penerbit, nama penerbit buku, dan nomor halaman awal dan akhir artikel pada buku;

(c) Untuk artikel dalam jurnal/majalah: nama penulis yang dibalik, tahun terbit jurnal,   judul artikel yang diapit dengan tanda petik, nama jurnal/majalah yang ditulis dengan huruf miring, volume/jilid dan nomor jurnal/majalah, dan nomor halaman awal dan akhir artikel pada jurnal/majalah;

(d) Untuk artikel/makalah dalam pertemuan ilmiah: nama penulis yang dibalik, tahun pertemuan, judul artikel/makalah yang diapit dengan tanda petik, nama pertemuan, waktu, dan tempat pertemuan ilmiah.

11.  Naskah artikel dikirim/diserahkan kepada Lembaga Publikasi Universitas Flores, Jln. Sam Ratulangi, Ende, Flores, Nomor Kontak (HP 081339004021), berupa flashdisk atau CD dan 2 eksemplar naskah ketikan (asli dan fotokopi) untuk kepentingan penelaahan/penilaian oleh Dewan Penyunting/Mitra Bestari dan untuk kepentingan penyuntingan atau pengeditan oleh Penyunting Pelaksana.

12.  Naskah artikel yang tidak dimuat karena kelebihan persediaan naskah atau karena belum memenuhi syarat menurut penilaian Dewan Penyunting/Mitra Bestari, tidak akan dikembalikan kepada penulis, kecuali penulis memintanya secara khusus.

13. Penyunting artikel ilmiah berhak memperbaiki/menyempurnakan organisasi atau sistematika penulisan dan penggunaan bahasa artikel agar sesuai dengan standar penulisan artikel ilmiah tanpa mengubah substansi isi.

14.  Pedoman penelaahan/penilaian terhadap semua artikel ilmiah yang diterima dan pedoman pengelolaan Majalah Ilmiah INDIKATOR mengacu pada Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 11/Dikti/Kep/2006 tentang Pedoman Akreditasi Berkala Ilmiah, sebagai langkah strategis agar majalah ini memenuhi syarat guna mengikuti proses akreditasi berkala ilmiah. ***

 

Ende, Flores, 6 April 2011

 

Drs. Yohanes Sehandi, M.Si.

%d bloggers like this: